Selasa, 24 Maret 2009

SEKAPUR SIRIH

Masjid Al-Kahfi Bandung dibangun diatas lahan sekitar 300 meter persegi pada 6 oktober 2003 dan mulai digunakan pada April 2004. Kini, awal Pebruari 2013 (Insya Allah) Masjid Al-Kahfi akan segera diperluas bangunan pada sisi kanan dan kiri serta belakang.

Ada yang istimewa dari bangunan masjid Al-Kahfi, yaitu kubah berwarna emas berdiameter 5 meter dan tinggi 2,5 meter, terbuat dari bahan composite fiber, dengan bobot kurang dari 500 kg. Bahan tersebut sangat ringan, kuat dan tahan terhadap karat dan korosi serta bebas perawatan. Disusun atas 16 keping dan bersifat knock-down. Pada puncak kubah terdapat lima bulatan tembaga, yang melambangkan rukun Islam.

Keberadaan masjid Al-Kahfi diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam pembinaan umat, khususnya warga yang berada di sekitar lingkungan masjid.

Tentu saja partisipasi dari seluruh masyarakat sangat diharapkan dalam rangka mengembangkan fungsi masjid Al-Kahfi, baik sebagai sarana tempat ibadah, sarana pendidikan agama, dan sarana kegiatan sosial kemasyarakatan yang agamis.

Dibutuhkan perhatian dan tanggung-jawab yang besar dari seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga dan memelihara "baitullah" tersebut, baik dalam bentuk materi maupun spiritual. Masjid Al-kahfi bukanlah milik satu golongan atau milik satu komunitas, tapi masjid ini adalah milik seluruh umat muslim sehingga siapapun dapat menggunakannya untuk kepentingan ibadah kepada Allah SWT.

Untuk masa datang, pengurus DKM merasa perlu mencari dan mempersiapkan orang-orang yang memiliki kemapanan ilmu agama sehingga syiar agama melalui masjid Al-Kahfi makin berkualitas dan makin memberi pengaruh positif dalam pembinaan akhlak.

Wassalam,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar